Powered by Blogger.

Membuat Subdomain sendiri

Pengertian subdomain adalah sebuah nama domain tambahan dari sebuah domain utama contohnya blogspot.com dan subdomainya contoh iblogger-tutorial dan menjadi nama subdomain iblogger-tutorial.blogspot.com.

Subdomain bisa sobat manfaatkan untuk membuat blog lain atau dibagikan ketemen-temen juga boleh sambil ajang promosi domain anda hehehe..


Untuk membuat subdomain jika sobat hanya membeli domain tanpa hosting biasanya pihak yang empunya hosting tidak memberikan layanan subdomain, jadi sebaiknya manfaatkan subdomain tool dari pihak ketiga,

Untuk cara membuat subdomain saya menggunakan jasa yang geratis dari http://freedns.afraid.org/. berikut cara membuat subdomain sendiri.

Pertama siapkan domain yang akan di buat subdomain langsung menuju ke TKP di alamat http://freedns.afraid.org/. seperti biasa lakukan register sebelumnya, jika sudah klik Domains pada For Members menu.



Kemudian klik add a domain pada Clone dan Sub Clone tidak perlu di rubah masukan nama domain anda pada kolom domain contoh blogproperti.com "tanpa www." Shared State pilih Public, jangan klik submit dahulu pastikan NS domain sobat menuju:

NS1.AFRAID.ORG (67.19.72.206)
NS2.AFRAID.ORG (66.252.5.14)
NS3.AFRAID.ORG (72.20.15.62)
NS4.AFRAID.ORG (208.43.71.243)



Cara merubah NS pada domain anda masuk ke Control panel pada tempat domain sobat membeli jika kurang paham bisa sobat tanyakan ke online suport.


 

Ulangi langkah untuk Manage Domains pada menu For member klik Domains dan klik [ add ] lihat gambar diatas.

 

Untuk Type terdapat option setting DNS sobat :

AAAA
CNAME
NS
MX
TXT
LOC
HINFO
RP
SRV

jika digunakan untuk custom domain blogspot pilih CNAME pada subdomain saya isi  java sebagai contoh. Destination saya setting di ghs.google.com.

Selamat mencoba !!!
source: http://www.netmild.com

0 komentar:

Post a Comment